PELANTIKAN & 1st TRAINING OF TRAINER YFCC INDONESIA

utk-blog

Jakarta, (11/09/16) enam pendaftar Pengurus Pusat Youth for Climate Change (YFCC) Indonesia terpilih dilantik sebagai staff baru Pengurus Pusat YFCC Indonesia. Agenda pelantikan tersebut merupakan puncak dari rangkaian open recruitment Pengurus Pusat YFCC Indonesia yang telah dimulai sejak bulan Juli 2016.

Setelah melewati beberapa tahapan penyaringan mulai dari seleksi berkas, interview, action test 1 hingga action test 2 terpilihlah 6 pengurus pusat baru YFCC Indonesia yaitu Syafararisa Dian Pratiwi dan Syarah Meylinda sebagai Staff Divisi Keuangan, Aulia Damayanti sebagai Staff Divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota, Richard Mahendra Putra dan Wira Arif Budiman sebagai Staff Divisi Kajian & Riset Strategis, serta Sapto Adi Nugroho sebagai Staff Divisi Komunikasi & Informasi.

Dalam agenda pelantikan tersebut, Riska selaku Ketua Panitia Open Recruitment memaparkan bahwa proses open recruitment yang panjang ini dibuat dengan harapan dapat meningkatkan softskill dari para calon pengurus sendiri dan dapat mengoptimalkan kinerja maupun dampak yang diberikan YFCC Indonesia pada lingkungan dan masyarakat. Selaku Ketua Umum YFCC Indonesia, Kimi pun menekankan akan pentingnya kualitas dalam pemilihan pengurus baru YFCC Indonesia dibandingkan sekedar kuantitas. Oleh karena itu penerimaan pengurus baru tersebut tidak menetapkan kuota, tapi didasarkan pada terpenuhinya kualifikasi yaitu memiliki nilai di atas 200 dari total nilai 400. Total nilai 400 tersebut didapatkan dari empat unsur penilaian yaitu kepribadian, komitmen, manajemen organisasi serta pengetahuan dan ketrampilan.

Nurifood Inspiring Center menjadi saksi hikmatnya proses pelantikan pengurus baru tersebut. Setelah mengucapkan sumpah jabatan, menandatangani berita acara pelantikan, dan penyerahan kaos YFCC Indonesia secara simbolis, maka keenam pendaftar terpilih tersebut telah dinyatakan resmi sebagai pengurus pusat YFCC Indonesia periode 2016-2018. Ucapan selamat pun menyambut peresmian mereka baik dari Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Pengurus lama, para anggota YFCC Indonesia maupun publik.

Usai upacara pelantikan, agenda pun dilanjutkan dengan Training of Trainer (ToT) YFCC Indonesia dengan tema Media dan Publikasi yang dibawakan oleh Muhamad Marwan selaku Dewan Pembina YFCC Indonesia yang bekerja pada salah satu media publikasi di Jakarta Pusat. Training tersebut ia bawakan dengan sangat interaktif karena disampaikan tidak hanya dua arah, melainkan ada game interaktif dan praktik langsung yang menjadikan peserta mudah memahami dan fun dalam mengikuti ToT.

Dengan adanya ToT tersebut diharapkan peserta dapat memahami fungsi maupun tujuan media dan publikasi serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik untuk mendukung kinerja di YFCC Indonesia maupun akademik dan karir mereka. ToT YFCC Indonesia merupakan program dari Divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota YFCC Indonesia dalam rangka meningkatkan kapabilitas pengurus dalam menjalani kinerjanya di YFCC Indonesia, sehingga harapannya alumni Pengurus YFCC Indonesia menjadi pribadi yang komitmen, bertanggungjawab dan professional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s