Internasional Youth Forum on Climate Change and Sustainability Development

IMG_7004

(Jakarta, 5/06/16) Dalam rangka menyikapi isu perubahan iklim yang makin global, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerja sama dengan Youth for Climate Change (YFCC) Indonesia, Beyond Asean, dan Asean Reusable Bag Campaign (ARBC) guna mengadakan event International Youth Forum on Climate Change and Sustainable Development. Acara yang mengusung tema “Catalyze Youth Action on Environmental and Sustainable Issues” dilaksanakan pada 3-5 Juni 2016 di Hotel Aston Marina, Ancol, Jakarta.

Kemenpora beserta ketiga partnership (YFCC Indonesia, Beyond Asean, ARBC) berharap kegiatan ini akan mendorong lahirnya berbagai upaya dalam menghadapi perubahan iklim dengan melibatkan pemikiran dari generasi muda antar bangsa.

“Kami sangat berharap forum ini dapat menyediakan platform dalam mendorong perubahan positif untuk diri kita sendiri, untuk organisasi perwakilan, dan yang paling penting adalah untuk memberikan kembali kepada masyarakat dan lingkungan,” kata Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Kerja sama Kelembagaan, Adiati Noerdin, dalam sambutannya pada Forum Pemuda Internasional, Jakarta, Jumat, 3 Juni 2016.

Selain itu, Adiati Nurdin juga berharap dari 92 peserta lintas mancanegara yang terlibat dalam forum, dapat memformulasikan rencana kerja yang jelas untuk mencapai semua target yang dibuat terkait perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan ini dimulai pada hari Jumat, 3 Juni 2016 dan dibuka langsung oleh Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga, Bidang Kerja sama Kelembagaan, Adiati Noerdin. Selain sesi seminar tentang perubahan iklim yang disampaikan lembaga pemerintahan, lembaga non-pemerintahan, dan para pemuda dari berbagai komunitas lingkungan, pada hari kedua peserta diajak untuk mengunjungi Pulau Pramuka. Di sana peserta diajak untuk mengunjungi penangkaran penyu sisik, menanam lamun dan bibit mangrove, serta sweeping sampah di sekitaran kawasan rumah warga dan sepanjang pantai..

Di hari terakhir dari rangkaian kegiatan, terpilih Wahyu Tri Baharsyah (Universitas Hasanudin Makassar) sebagai ketua angkatan dari Eco Youth Corps, sebuah inisiasi pemuda peduli perubahan iklim yang digagas oleh Kemenpora melalui acara ini. Kedepannya, Eco Youth Corps ini akan bergerak dan bersinergi bersama komunitas lain di bidang perubahan iklim (seperti YFCC Indonesia) guna mengkampanyekan dan melakukan proses mitigasi perubahan iklim agar fenomena perubahan iklim di dunia, khususnya di Indonesia dapat terminimalisir.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s